Agar Hati Tak Lelah

Written By alisonglap on Tuesday 2 July 2019 | 7/02/2019 10:36:00 am

Sahabat Ali. Tiap dari kita pasti pernah dalam kondisi ketika hati ini merasa lelah. Jika ada yang bilang tidak pasti sahabat berdusta, kalau nda Anda pasti bukan manusia? :) Karena tidak ada manusia yang hatinya tidak pernah lelah sekalipun manusia paling mulia. Iya Nabi Muhammad Solallohu Alai Wasalam yang tiap ucapaan dan gerak senantiasa dibimbing oleh Zat Penggenggam Alam Semesta saja masih ada titik dimana hati Beliau mengalami kelelahan. Peristiwa tahun kesedihan menunjukkan bahwa Beliau adalah manusia biasa, hatinya manusia mulia ini juga bisa lelah, tahun dimana dakwah beliau teramat berat, ditambah diwaktu yang hampir berurutan ditinggal orang yang selama ini menjadi tameng dan penguat, di awali dengan wafatnya Bunda Khadijah disusul oleh  Paman Abu Tholib. Para orang shalih terdahulu juga pernah mengalami kesedihan dan kelelahan.

Maka jika hati kita merasa sedih bin lelah adalah suatu hal yang lumrah, manusiawi cuma mungkin bedanya kita kalau para Nabi para sahabat dan orang shalih, mereka sedihnya dalam perkara dakwah, ketaatan dan dosa yang berhulu pada akhirat. Kita, sedihnya paling banyakan perkara dunia harta hilang, gagal ujian, jabatan tak kunjung datang, menerka penilaian orang dan perkara receh lainnya, tetapi itupun masih wajar.

Namun Sahabat yang gak boleh itu jika sedih dan lelah hati itu berlarut-larut, sehingga mengurangi produktifitas, membuat futur dalam berbuat kebaikan serta perkara yang bermanfaat.

Nah sahabat, terus bagaimana supaya kita tidak larut dalam kesedihan? Agar hati ini tidak cepat lelah? Kunci utamanya adalah keihklasan. Kata yang sering disebut, sederhana namun memang tidak mudah untuk dipraktikan. Apa itu ikhlas? Ikhlas adalah melakukan segala sesuatu dengan niat karena mencari ridho Allah. Inilah yang menjadi kekuatan agar hati kita tidak mudah lelah.

Jika hidup, kita jalani dengan hati yang ikhlas segala permasalahan agar terasa lebih ringan, hati tidak mudah sedih dalam mengahadapi ujian, hati tidak cepat lelah atas penilaian-penilain orang, dan tak mudah baper dalam menjalani kehidupan.


Ditulis Oleh : alisonglap ~Ali Romadhon Songlap

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Agar Hati Tak Lelah yang ditulis oleh Ali Romadhon Songlap yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 7/02/2019 10:36:00 am

0 komentar:

Post a Comment

Buku Karyaku

Buku Karyaku
Antologi Puisi Guru

Kategori

Popular Posts