Ikhtiar Maksimal

Written By alisonglap on Saturday 17 January 2015 | 1/17/2015 11:57:00 pm


Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum selama kaum itu sendiri tidak mengubahnya itulah perkataan Allah untuk menjelaskan bahwa manusia itu punya andil besar terhadap nasibnya sendiri. Firman Allah ini juga berarti bahwa takdir Allah tidak bersifat mutlak tetapi juga ada sebab yaitu ikhtiar atau usaha manusia. Maka dengan demikian, tidak ada celah bagi kita untuk meniadakan ikhtiar atau bermalas-malasan dalam berusaha dengan alasan takdir.

Sahabat tidak ada sesuatu yang besar tanpa pengorbanan yang besar. Untuk mencapai sesuatu yang besar kita juga memerlukan usaha, perjuangan dan pengorbanan yang besar. Tidak ada sesuatu yang gratis dalam hidup ini, semuanya memiliki harga yang harus dibayar.

Begitupun dalam pencapaian cita-cita juga memerlukan ikhtiar yang maksimal. Ikhtiar lahiriah bisa dimulai dari menentukan cita-cita, kemudian membuat perencanaan yang jelas dan matang dan yang terpenting adalah tindakan nyata. Dalam perjalanan menggapai cita-cita jelas akan banyak sekali halangan dan rintangan bahkan tidak sedikit akan mengalami kegagalan. Pada saat seperti inilah sesungguhnya ikhtiar benar-benar akan diuji perlu ketangguhan mental, inovasi cara dan kesitiqomahan dalam ikhtiar. Selain itu usaha yang tak tampak seperti berdoa, taat dan menjauhi maksiat juga sangat diperlukan untuk membantu memudahkan pencapaian cita-cita kita.

Inilah Trilogi Cita-cita bagian ketiga semoga Trilogi ini bisa membantu sahabat dalam menentukkan dan menggapai cita-cita. Aamiin.

Selamat berkarya !




Ditulis Oleh : alisonglap ~Ali Romadhon Songlap

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Ikhtiar Maksimal yang ditulis oleh Ali Romadhon Songlap yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 1/17/2015 11:57:00 pm

0 komentar:

Post a Comment

Buku Karyaku

Buku Karyaku
Antologi Puisi Guru

Kategori

Popular Posts